Senin, 26 April 2010

Air Kendi dan Keajaibannya


Ketika itu, Prof. Dwi Marianto dosen di Pascasarjana ISI Jogjakarta pernah bercerita pada salah satu perkuliahan mengenai pertemuan "tidak sengaja"nya dengan seorang pawang hujan yang sudah berusia sangat tua, tapi tetap terlihat segar. Pak Dwi bertanya pada pawang tersebut, "Pak, apa sih rahasianya agar kita awet muda?". "Rahasianya sederhana kok pak, Pertama, minumlah air kendi setiap hari. Kedua, jangan mikir yang berat-berat, ntar cepet mati. Ketiga, anggap aja Gusti Allah itu bapakmu, jadi mintalah apa saja sama Dia".
Hal menarik di sini adalah mengenai air minum. Setiap hari, setiap makhluk hidup mengkonsumsi air, bahkan sebagian besar tubuh manusia berupa air. namun air yang seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi?
,
Air itu juga merupakan "makhluk hidup", dan dengan kendi dia dapat bernapas. Sehingga ketika diminum, air kendi akan terasa lebih segar, adem, seperti dari mata air pegunungan dan tidak membuat kembung. Bahkan menurut orang india, air kendi memiliki prana, kata orang cina air kendi ada chi-nya. Sementara ketika air itu dikemas dalam kemasan plastik dan ter-expose matahari, air akan mati, malah dapat memicu kanker.


Kendi

Kendi adalah sejenis kriya yang terbuat dari tanah liat dengan proses pembakaran tapi tanpa menggunakan glazuur. Dengan demikian molekul yang ada pada kendi itu tidak tertutup rapat. Warna kendi biasanya kecoklatan seperti gerabah. Keistimewaan dari kendi yang tak diberi glazuur adalah zat asam (O2) dapat masuk kedalam air melalui pori-porinya (seperti kapilaritas). Seperti yang diketahui bahwa (O2) adalah zat yang paling utama untuk kelangsungan setiap macam kehidupan.

Hubungan Air Dengan Kesehatan

Air adalah pengatur suhu tubuh, peredaran darah dan masih banyak lagi kegunaannya air dalam tubuh. Apabila tubuh kita kekurangan air, maka akibatnya fatal. contohnya yang paling sering terlihat akhir-akhir ini adalah :

  • Apabila seorang penderita muntaber tidak segera ditolong, dalam hal ini musti diberi infus berupa cairan maka sering jiwanya tak dapat ditolong lagi.
  • Air juga mengatur daya lentur (elastis) kulit kita.
  • Dan tak kalah pentingnya, air dapat menghindari orang terserang radang ginjal, dengan cara banyak minum air putih
Kapan Dan Berapa Banyak Air Yang Harus Diminum

Pada waktu pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk minum air kendi yang sudah diembunkan semalam. Disamping air menjadi sehat, air itu mengandung banyak zat asam (O2) Air kendi yang kita minum pagi-pagi baik sekali sebagai pencuci perut termasuk lambung dan usus 12 jari. Apabila usus bersih maka dinding usus dapat lebih sempurna menyerap zat-zat makanan. Akibatnya pertumbuhan sel darah akan lebih baik dan tubuh tetap sehat wal'fiat.

Air Kendi Sebagai Obat

Mengkonsumsi air kendi secara teratur dapat mengobati penyakit seperti tekanan darah tinggi, nyeri-nyeri pada otot dan tulang, sering masuk angin, sukar buang air besar, kulit mengering an keriput, nafas berbau asam lambung berlebihan(sakit maag), perut buncit, gangguan pada pankreas, gangguan pada hati, susah buang air kecil, penyakit ginjal dan pengilhatan kurang.

Cara Minum Air Kendi Untuk Penyembuhan

Pada waktu anda bangun dari kamar tidur sebelum menggosok gigi, minumlah air kendi sebanyak 6 gelas kecil. Bagi yang belum terbiasa dapat dimulai dengan minum 2 gelas saja sampai nanti terbiasa dan dapat diminum 6 gelas sekaligus. Lakukan ini 10 hari dan Anda akan merasakan khasiatnya yaitu : Badan terasa semakin sehat.

Yang biasa lari pagi, minumlah 3 gelas sebelum lari dan 3 gelas setelah lari. Pada hari pertama mang sering timbul gejala mau muntah atau berulang-ulang kali mau kebelakang. Hal ini dapat diatasi dengan setelah berlangsung 6-7 hari. Bagi para perokok yang menginginkan untuk mengurangi kebiasaanya dengan membiasakn minum air kendi di pagi hari.

Kalau anda melakukan pengobatan dengan minum air kendi maka untuk siang hari minum air dapat dilakukan seperti biasanya, hanya hindari minum kopi, teh dan minuman yang mengandung alkohol. Usahakan agar jangan minum air ketika sedang makan karena hal tersebut akan mengganggu pencernaan

Seseorang yang sehat memerlukan 8 gelas dalam sehari. Saran terkhir, pada waktu mengembunkan kendi berisi air yang matang, usahakan agar kendi bebas dibawah langit terbuka tanpa dihalangi pepohonan maupun genteng rumah. Untuk menjaga kebersihannya, mulut kendi dapat ditutup dengan kain.


Pengrajin Kendi

Selain kesegaran dan khasiat yang diperoleh ketika kita mengkonsumsi air kendi, di lain sisi hal ini akan meng"hidup"kan para pengrajin kendi lokal. Roda perekonomian masyarakat pengrajin pun juga akan bergerak lebih baik lagi, terlebih bila kita bersama-sama mensosialisasikan penggunaan kendi sebagai penyimpan air ini kepada masyarakat luas.

SEMOGA BERMANFAAT^^

1 komentar:

  1. setuju mbah, saya sangat sependapat dengan uraian tentang khasiat air kendi tersebut diatas. saya sangat berterimakasih dan akan segera saya coba karena saya memang sangat membutuhkan saran - saran atau informasi seperti itu sebagai usaha untuk memperbaiki kesehatan saya. Terimakasih.

    BalasHapus